HUBUNGAN BODY IMAGE DAN IMAGINARY AUDIENCE DENGAN KEPERCAYAAN DIRI PADA REMAJA DI SMA PANCA BUDI MEDAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Body Image dan Imaginary Audience dengan kepercayaan diri pada Peserta Didik di SMA Yayasan Perguruan Panca Budi. Dalam hal ini Body Image dan Imaginary audience sebagai variabel independen, dan kepercayaan diri sebagai variabel dependen.kepercayaan diri merupakan salah satu faktor penting menggapai kesuksesan dalam melakukan segala sesuatunya. Awal Kesuksesan dimulai dari masa remaja dimana salah satu tahap dalam kehidupan manusia yang merupakan masa transisi dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Pada tahap ini remaja akan mengalami perubahan baik dari segi fisik, kognitif dan psikososial. Sejalan dengan perubahan fisi k, remaja cenderung mengembangkan kepedulian yang tinggi terhadap perubahan fisiknya. Hal-hal yang menyebabkan remaja tidak dapat percaya diri sendiri secara fisik seperti tinggi badan, berat badan, ukuran tubuh, bahkan raut wajah atau disebut juga dengan body image. Remaja sendiri sangat peka terhadap penilaian dirinya dan merenung perihal bagaimana wajahnya, apakah orang lain menyukai wajahnya serta selalu menggambarkan dan mengembangkan seperti apa tubuhnya dan apa yang diiginkan dari tubuhnya atau lebih dikenal dengan imaginary audience. Cara pandang remaja terhadap keadaan fisiknya ini akan mempengaruhi rasa kepercayaan diri. Kepercayaan diri adalah suatu hal yang dapat membuat kita mengeluarkan segenap kemampuan atau potensi terbaik kita. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Yayasan Perguruan Panca Budi Jl. Gatot Subroto- Medan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan sampel 2 kelas dari kelas VIII SMP yang masing-masing kelas berjumlah 30 orang. Dengan demikian data yang diambil berupa angket untuk skala alat ukur body image dan imaginary audience dan kepercayaan diri dengan menggunakan analisis regresi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 21 for windows.
Article Details
LP2M-UMNAW-Copyright@ 2018