EFEKTIFITAS METODE QIROATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN SISWA SDIT BUNAYYA MEDAN
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas metode qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa SDIT Bunayya Medan. penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu suatu proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati dan dilakukan pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Bunayya Medan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Langkah-langkah pembelajaran Alquran dengan menggunakan metode qiroati yang dilaksanakan oleh para guru SDIT Bunayya Medan. Langkah-langkah yang dilaksanakan oleh guru-guru SDIT dalam mengajarkan Alquran dengan menggunakan metode qiroati sudah sangat efektif, hal ini terlihat dari kemajuan para siswanya dalam peningkatan bacaan Alquran. (2) Hambatan-hambatan yang dialami oleh guru-guru SDIT Bunayya dalam melaksanakan metode qiroati, diantaranya adalah a) Latar belakang guru yang terbiasa dengan metode lama, seperti metode iqro’. b) Minimnya pengetahuan guru terhadap Metode Qiraati. c) Minimnya kemampuan guru dalam menguasai kelas. d) Tidak seimbangnya jumlah siswa dengan guru. e) Minimnya pemahaman orang tua terhadap metode qiroati. Namun hambatan tersebut harus dicari solusinya sehingga hambatan tersebut bukan penghalang untuk meningkatkan kualitas bacaan Alquran. (3) Prestasi yang sudah diraih oleh para siswa dalam bidang kemampuan bacaan Alquran adalah berupa prestasi kejuaraan ditingkat sekolah dan Kotamadya, kemudian prestasi tersebut juga berupa tercapainya target pembelajaran
Article Details
LP2M-UMNAW-Copyright@ 2018