PERAN GURU PAI DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Main Article Content

Rifky Riyansyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan peran guru PAI sebagai teladan dalam pengembangan karakter peserta didik di MTS 2 Jatisari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang subjek penelitiannya adalah kepala madrasah, kurikulum, kesiswaan, guru PAI, guru BK, wali kelas, dan peserta didik,. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles & Huberman yang meliputi langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sebagai teladan ditunjukkan oleh tutur kata, sikap, dan kepribadiannya, seperti sopan santun, disiplin, tanggung jawab, toleransi, jujur, serta kepedulian terhadap peserta didik dan orang lain. Sebagai guru bimbingan memberikan bantuan dalam pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas kegiatan pembelajaran guru mengamati perilaku siswa dan memperbaiki kesalahan mereka dengan memberikan teguran yang hangat dan sebagai guru teladan mentaati peraturan sekolah. Kesimpulannya, guru yang baik mengembangkan karakter yang baik pada siswa.

Article Details

How to Cite
Riyansyah, R. (2022). PERAN GURU PAI DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN SOSIAL HUMANIORA, 7(1), 18-21. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v7i1.796
Section
Articles