SISTEM PEMBELAJARAN ALQURAN DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN SANTRI

Main Article Content

Bilal Fatwa Hikam, Hidayah Baisa

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana hubungan antara sistem pembelajaran Alquran dengan kemampuan membaca Alquran santri Al-Hikmah An-Najiyah Kabupaten Bogor. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional. Sedangkan untuk memperoleh data, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan Tes. Kemudian menganalisis data menggunakan teknik analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh nilai rhitung sebesar 0,295. Pada interpretasi sederhana, angka tersebut berada pada rentang 0,20 - 0,40 yang mengandung arti antara variabel X dan Variabel Y terdapat korelasi yang lemah atau rendah. Kemudian dengan menggunakan tabel signifikansi 5% diperoleh rtabel sebesar 0,294 dari 45 sampel. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa Ho atau hipotesis nol ditolak dan Ha diterima dikarenakan rhitung 0,295 > rtabel 0,294. Artinya terdapat Hubungan antara Sistem Pembelajaran Alquran dengan kemampuan membaca Alquran Santri Al Hikmah An Najiyah Kab. Bogor.

Article Details

How to Cite
Bilal Fatwa Hikam, Hidayah Baisa. (2021). SISTEM PEMBELAJARAN ALQURAN DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN SANTRI . JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN SOSIAL HUMANIORA, 6(1), 1-7. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v6i1.713
Section
Articles