PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UMN AL WASHLIYAH MEDAN

Main Article Content

Lukman Nasution, Mardi Giwa Putra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui seberapa besar pengaruh bauran
pemasaran terhadap loyalitas mahasiswa; (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh
kualitas pelayanan terhadap loyalitas mahasiswa; (3) serta Mengetahui seberapa besar
pengaruh bauran pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas mahasiswa. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian analisis regresi berganda (analysis multiple
regression). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Kuesioner
disebar langsung kepada mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi UMN
Al Washliyah dijadikan sebagai objek penelitian. Kesimpulan penelitian ini secara
singkat adalah sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh yang diberikan variabel Bauran
Pemasaran terhadap Loyalitas Mahasiswa. Hal tersebut dibuktikan karena setelah
dilakukan analisis data dengan menggunakan komputerisasi (SPSS 16.0) didapat hasil uji
Analisis Regresi Berganda bahwa thitung pada X1= 4,663 > ttabel (0,05;247) = 1,969 atau
dengan membandingkan nilai sig = 0,000 < taraf kesalahan 5% = 0,05 maka dapat
disimpulkan bahwa X1 berpengaruh terdapat Y. (2) Terdapat pengaruh yang diberikan
kualitas Pelayanan terhadap loyalitas Mahasiswa. Hal tersebut dibuktikan karena
setelah dilakukan analisis data dengan menggunakan komputerisasi (SPSS 16.0) didapat
hasil uji Analisis Regresi Berganda thitung pada X2= 13,085 > ttabel(0,05;247) = 1,969
atau dengan membandingkan nilai sig = 0,000 < taraf kesalahan 5% = 0,05 maka dapat
disimpulkan bahwa X2 berpengaruh terdapat Y. (3) Bahwa didapat Fhitung sebesar
369,657 dengan sig sebesar 0,000. Untuk membandingkan antara nilai Fhitung
maka diperlukan F tabel (0,05;2;247) = 3,032. F hitung = 369,657 > F tabel = 3,032 atau dengan
membandingkan Sig = 0,000 < taraf kesalahan = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara seluruh variabel independen secara
simultan terhadap variabel dependen.

Article Details

How to Cite
Mardi Giwa Putra, L. N. (2018). PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UMN AL WASHLIYAH MEDAN. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN SOSIAL HUMANIORA, 2(2), 212-219. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v2i2.59
Section
Articles