UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MEMAHAMI KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE HOLISTIK DI KELAS VII-1 SMP NEGERI 30 MEDAN
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran PKn selama ini masih sering menggunakan sistem pembelajaran yang konvensional,
yaitu pembelajaran yang terpusat pada guru, tanpa sedikitpun memberikan kesempatan pada siswa,
sehingga kadang-kadang siswa terbelenggu oleh aturan dan penggunaan strategi yang monoton dan
membosankan. Yang akhirnya anak didik menjadi anak yang penakut. Dan akhirnya siswa kurang
aktif takut bertanya atau menjawab. Pada proses pembelajaran disebabkan karena tingkat berfikir
siswa yang berbeda-beda. Ada yang lambat dan ada yang cepat sehingga dalam proses pembelajaran
masih didominasi oleh siswa yang pintar. Dalam hal mengingat, karena pembelajaran konvensional
siswa hanya hapal saja, dan kurang memahami materi yang diingat. Sehingga sering lupa karena
ingatan yang jangka pendek. Untuk itulah penulis mencoba melakukan perbaikan dalam hal
perbaikan strategi pembelajaran yaitu dengan menerapkan kombinasi model Holistik. Penelitian ni
untuk mengetahui hasil belajar aktivitas siswa. Penelititian ini dilaksanakan di Kelas VII-1 SMP
Negeri 30 Medan dengan jumlah siswa 39 orang. Hasil penelitian menunjukan pada saat pre tes
sebelum dilakukan tindakan diperoleh dan 39 orang siswa, 0 siswa (0%) yang memenuhi ketuntasan
belajar dan 39 siswa (100%) tidak memenuhi ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 40,25,
selanjutnya pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata kelas meningkatkan sebanyak 61,11 (dari 33,33
naik menjadi 66,67), dengan tingkat belajar siswa dari 39 orang siswa sebanyak 13 siswa (33,33%)
yang memenuhi ketuntasan belajar dan 26 siswa (66,67%) tidak memenuhi ketuntasan belajar. Pada
siklus 2 diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 100 dengan tingkat belajar siswa dari 39
orang siswa sebanyak 39 siswa (100%) yang memenuhi ketuntasan belajar Jadi dapat dikatakan pada
siklus 2 ketuntasan belajar meningkat sebesar 100.
Article Details
LP2M-UMNAW-Copyright@ 2018