UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PETA, ATLAS DAN GLOBE UNTUK MENDAPAT INFORMASI BENUA DAN SAMUDERA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BAGI SISWA KELAS XI-5 SMP NEGERI 30 MEDAN
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran IPS selama ini masih sering menggunakan system pembelajaran yang konvensional,
yaitu pembelajaran yang terpusat pada guru, tanpa sedikitpun memberikan kesempatan pada siswa,
sehingga kadang-kadang siswa terbelenggu oleh aturan dan penggunaan strategi yang monoton dan
membosankan.Yang akhirnya anak didik menjadi anak yang penakut. Dan akhirnya siswa kurang aktif
takut bertanya atau menjawab. Pada proses pembelajaran disebabkan karena tingkat berfikir siswa
yang berbeda-beda. Ada yang lambat dan ada yang cepat sehingga dalam proses pembelajaran masih
didominasi oleh siswa yang pintar.Dalam hal mengingat, karena pembelajaran konvensional siswa
hanya hapal saja, dan kurang memahami materi yang diingat. Sehingga sering lupa karena ingatan
yang jangka pendek. Untuk itulah penulis mencoba melakukan perbaikan dalam hal perbaikan
strategi pembelajaran yaitu dengan menerapkan kombinasi model Jigsaw dengan Mind Map.
Penelitian ni untuk mengetahui hasil belajar aktivitas siswa. Penelititian ini dilaksanakan di Kelas XI5
SMP Negeri 30 Medan dengan jumlah siswa 35 orang. Pada pretes rata-rata nilai adalah 36,57.
Tingkat keaktifan siswa pada siklus I adalah 50,97%. Hasil belajar adalah 22,86%, dengan nilai ratarata
69,14. Pada siklus II mengalami peningkatan walaupun tidak terlalu tajam, tingkat keaktifan
mencapai 89,82%, sedangkan hasil belajar dengan nilai rata-rata adalah 85,42. Dari kedua siklus di
atas didapati adanya perubahan yang positif terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran dan hasil
belajar siswa. Dan dan respon yang diberikan siswa dapat disimpulkan bahwa pelajaran yang
dilaksanakan merupakan hal Baru, merasa senang mengikuti pelajaran, mudah mengingat pelajaran,
tidak perlu menghapal terlalu lama/ banyak, serta lebih bergairah.
Article Details
LP2M-UMNAW-Copyright@ 2018