UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PKN MEMAHAMI KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE HOLISTIK DI KELAS VII-K SMP NEGERI 3 MEDAN

Main Article Content

Elida Simanjuntak

Abstract


Pembelajaran PKn selama ini masih sering menggunakan sistem pembelajaran yang konvensional,
yaitu pembelajaran yang terpusat pada guru, tanpa sedikitpun memberikan kesempatan pada siswa,
sehingga kadang-kadang siswa terbelenggu oleh aturan dan penggunaan strategi yang monoton dan
membosankan. Yang akhirnya anak didik menjadi anak yang penakut. Dan akhirnya siswa kurang
aktif takut bertanya atau menjawab. Pada proses pembelajaran disebabkan karena tingkat berfikir
siswa yang berbeda-beda. Ada yang lambat dan ada yang cepat sehingga dalam proses pembelajaran
masih didominasi oleh siswa yang pintar. Dalam hal mengingat, karena pembelajaran konvensional
siswa hanya hapal saja, dan kurang memahami materi yang diingat. Sehingga sering lupa karena
ingatan yang jangka pendek. Untuk itulah penulis mencoba melakukan perbaikan dalam hal
perbaikan strategi pembelajaran yaitu dengan menerapkan kombinasi model Holistik. Penelitian ni
untuk mengetahui hasil belajar aktivitas siswa. Penelititian ini dilaksanakan di Kelas VII-K SMP
Negeri 3 Medan dengan jumlah siswa 35 orang. Hasil penelitian menunjukan pada saat pre tes
sebelum dilakukan tindakan diperoleh dan 35 orang siswa, 0 siswa (0%) yang memenuhi ketuntasan
belajar dan 35 siswa (100%) tidak memenuhi ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 26,57,
selanjutnya pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata kelas meningkatkan sebanyak 73,71 (dari 37,14
naik menjadi 62,86), dengan tingkat belajar siswa dari 35 orang siswa sebanyak 13 siswa (37,14%)
yang memenuhi ketuntasan belajar dan 22 siswa (62,86%) tidak memenuhi ketuntasan belajar. Pada
siklus 2 diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 100 dengan tingkat belajar siswa dari 35
orang siswa sebanyak 35 siswa (100%) yang memenuhi ketuntasan belajar Jadi dapat dikatakan pada
siklus 2 ketuntasan belajar meningkat sebesar 100.

Article Details

How to Cite
Simanjuntak, E. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PKN MEMAHAMI KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE HOLISTIK DI KELAS VII-K SMP NEGERI 3 MEDAN. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN SOSIAL HUMANIORA, 1(2), 66-71. Retrieved from https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2SH/article/view/50
Section
Articles