GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada SMP Yayasan Perguruan Letjen S.Parman. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Memiliki Pengaruh tehadap Kinerja Guru pada SMP Yayasan Perguruan Letjen S.Parman Medan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru pada SMP Yayasan Perguruan Letjen S.parman Medan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Ada Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru pada SMP Yayasan Perguruan Letjen S.Parman Medan”. Jumlah sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini sebanyak 25 orang guru. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel independen yaitu Gaya Kepemimpinan dan variabel dependen yaitu Kinerja Guru. Instrumen penelitian yang dilakukan peneliti dengan memberikan kuesioner dengan skala pengukuran skala Likert 1 sampai 5. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi : Metode Deskriptif, Metode Analisis Regresi Linear Sederhana, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Hipotesis atau Uji-t, dan Uji Koefisien Determinasi (R2). Berdasarkan metode analisis Regresi Linear Sederhana dapat dituliskan persamaan regresinya Y = 27,437 + 0,406X. Dari hasil analisi data dilihat bahwa thitung > ttabel dimana thitung adalah sebesar 5,458 dan ttabel adalah sebesar 2,069. Hasil uji-t diperoleh sig = 0,000 < a=5% sehingga H1 diterima dan H0 ditolak dengan demikian Gaya Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Pengujian koefisien determinasi (R2) nilai adjusted R square sebesar 0,569 hal ini berarti 56,9% Gaya Kepemimpinan dapat dijelaskan Kinerja Guru sisanya 43,1% yang dijelaskan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Karena semua variabel yang diteliti dalam penelitian ini menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan maka diharapkan bagi kepala sekolah SMP Yayasan Perguruan Letjen S.Parman untuk membuat kebijakan sekolah yang bisa mempertahankan indikator-indikator dari gaya kepemimpinan yang sudah ada sekarang dan diharapkan di masa mendatang lebih ditingkatkan lagi dalam upaya meningkatkan kinerja guru agar lebih baik lagi.
Article Details
LP2M-UMNAW-Copyright@ 2018
References
Aris Suherman dan Ondi Saondi.2010.Etika Profesi Keguruan, Bandung : PT Refika Aditama.
Ghozali,Imam.2012.Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS20.Semarang : Badan Penerbit-Universitas Diponegoro.
Hasibuan, Malayu.2016.Managemen Sumber Daya Manusia,Edisi Revisi. Jakarta:PT Bumi Aksara.
Kartini, Kartono. 2010. Pemimpin dan Kepemimpinan, Edisi Pertama. Jakarta : Rajawali Pers.
Kepmendiknas.2009.Undang-Undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen,Surabaya : Kesindo Utama.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2015.Managemen Sumber Daya Manusia Perusahaan,Edisi keduabelas.Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.
Mondy. 2008. Managemen Sumber Daya Manusia,Edisi Kesepuluh. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.
Robbins. 2008. Perilaku Organisasi, Edisi Kedua Belas. Jakarta : Salemba Empat.
Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D,Bandung : Alfabeta.
________. 2014. Metodologi Penelitian Managemen, Bandung : Alfabeta.
________. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D,Bandung: Alfabeta.
Veithal Rivai. 2014.Pemimpin dan Kepemimpinan dalam Organisasi,Cetakan Kedua. Jakarta : PT.Raja Grafindo.
Wibowo. 2012. Managemen Kinerja, Edisi Ketiga. Jakarta : RajaGrafindo Persada.
_______. 2014. Managemen Kinerja, Edisi Keempat. Jakarta : RajaGrafindo Persada.
Wirawan. 2013. Managemen Kinerja, Edisi Petama. Jakarta : RajaGrafindo Persada.