HUBUNGAN KESADARAN MEMBACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA NEGERI 10 KOTA BOGOR
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kesadaran membaca terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas X di SMA Negeri 10 Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dengan kuesioner (angket) dan wawancara. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara kepada guru dan siswa. Sedangkan untuk kuesioner diberikan kepada responden yang telah terpilih secara random. Kemudian data yang sudah didapatkan dianalisis secara kuantitatif menggunakan teknik korelasi menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian mengenai Hubungan Kesadaran Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMA Negeri 10 Kota Bogor, menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kesadaran membaca terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai 0,435 yang berada dikisaran angka 0,40-0,70 yang berarti berhubungan sedang.
Article Details
LP2M-UMNAW-Copyright@ 2018