PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERCERITA UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN EMPATI ANAK USIA DINI

Main Article Content

Sukmawarti, Nurhidayah

Abstract

Salah satu permasalahan Anak Usia Dini adalah belum optimalnya pertumbuhan dan perkembangan empati anak. Empati merupakan suatu konsep sosial yang perlu dikenalkan kepada anak karena memiliki peranan penting dalam pengembangan keterampilan sosialnya.  Rasa  empati  anak  bukanlah  terbentuk  secara  tiba-tiba,  namun  merupakan imitasi dan pembiasaan. Belum optimalnya perkembangan empati anak antara lain disebabkan kurang tepatnya kegiatan pembelajaran yang diterapkan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran bercerita yang dikembangkan sehingga dapat menumbuhkembangkan empati anak usia dini? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran bercerita dalam upaya menumbuhkembangkan empati anak usia dini. Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  pengembangan  model  Borg  and  Gall,  dengan tahapan Define, Design, Develop, Eksperimen Produk, dan Model Produk. Subjek penelitian adalah anak kelompok B PAUD Az-Zaitun Medan. Objek penelitian adalah rasa empati Anak Usia Dini. Berdasarkan  hasil  analisis  data  disimpulkan  bahwa  model  pembelajaran  bercerita signifikan dalam menumbuhkembangkan empati anak. Disarankan kepada guru PAUD agar dapat menerapkan model pembelajaran bercerita sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat menumbuhkembangkan empati anak.

Article Details

How to Cite
Nurhidayah, S. (2019). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERCERITA UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN EMPATI ANAK USIA DINI. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN SOSIAL HUMANIORA, 4(1), 466-470. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v4i1.270
Section
Articles