MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN 4C PESERTA DIDIK
Main Article Content
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi karena rendahnya keterampilan 4C peserta didik dalam pembelajaran sosiologi, yang dibuktikan dengan masih dilaksanakannya pembelajaran dengan metode ceramah yang menjadikan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap peningkatan keterampilan 4C peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji gain, dan uji t. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi yang dihasilkan 0,000 < 0,05, H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat peningkatan keterampilan 4C peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning. Efektivitas peningkatan dibuktikan dari nilai gain kelas eksperimen sebesar 56,7% yang artinya berkategori cukup efektif. Disimpulkan pembelajaran menggunakan model problem based learning merupakan model pembelajaran alternatif dalam pembelajaran sosiologi untuk meningkatkan keterampilan 4C (keterampilan berpikir kritis, keterampilan kolaboratif, keterampilan komunikatif, dan keterampilan berpikir kreatif) peserta didik kelas XI IPS di MAN 2 Serang.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LP2M-UMNAW-Copyright@ 2018