KONTROL SOSIAL TERHADAP PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN PADA MASYARAKAT DAN PENGARUH BUDAYA TERHADAP LINGKUNGAN (SEBUAH KAJIAN ANTROPLOGI HUKUM)

Main Article Content

Abdul Halim, Halimatul Maryani, Alkausar Saragih, Bonanda Japatani Siregar

Abstract

Kebudayaan merupakan cara hidup yang berkembang yang dimiliki oleh setiap individu manusia yang berbeda dengan karakter dan sifat individu lainnya. Dalam hal ini menciptakan karya, termasuk seni, budaya, sikap yang komplek yang berhubungan dengan adat, kebiasaan di masyarakat sebagai makhluk sosial, dimana masyarakat juga setia saat dekat dengan lingkungan sebagai wadah untuk dekat dengan kebutuhan sehari-hari seperti air, udara, mineral, tumbuhan, manusia lainnya dan lingkungan sekitarnya. Budaya dan kebudayaan pada prinsipnya bersifat normatif bagi kelompok tertentu, karena setiap kelompok tertentu itu memiliki ide dan gagasan masing-masing yang selanjutnya akan diwujudkan dalam prilaku dan karsa manusia. Oleh sebab itu kebudayaan yang ada di tengah-tengah masyarakat yang dihasilkan akan mencerminkan hidup dalam satu kelompok, untuk itu tema ini penting untuk dikaji dan dianalisis sebagai pengembangan pengetahuan tentang perubahan kebudayaan dan perkembangan kebudayaan di dalam masyarakat. Paparan ini bertujuan untuk mengkaji apa yang menjadi fungsi sosial terhadap perkembangan serta perubahan kebudayaan di tengah-tengah masyarakat yang berpengaruh pada lingkungan sekitarnya. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah dengan menggunakan metode yuridis sosiologis dan tidak menyampingkan metode yuris empiris dengan analisis secara deskriptif analisis menggunakan data kualitatif.

Article Details

How to Cite
Alkausar Saragih, Bonanda Japatani Siregar, A. H. H. M. (2022). KONTROL SOSIAL TERHADAP PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN PADA MASYARAKAT DAN PENGARUH BUDAYA TERHADAP LINGKUNGAN (SEBUAH KAJIAN ANTROPLOGI HUKUM). JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN SOSIAL HUMANIORA, 7(2), 136-142. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v7i2.1606
Section
Articles