PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS TANGGAPAN DESKRIPTIF BUDAYA ALAS “PEMAMANEN”
Main Article Content
Abstract
Penelitian pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pengembangan bahan ajar menulis teks tanggapan deskriptif budaya alas “pemamanen” siswa kelas VII SMP IT Darul Azhar Kutacane. (2) Mendeskripsikan validasi oleh uji ahli penggunaan bahan ajar yang dikembangkan berbasis budaya Alas “Pemamanen”. (3) Mendeskripsikan hasil uji coba bahan ajar dari penggunaan materi ajar menulis teks tanggapan deskriptif berbasis budaya Alas “pemamanen”. Subjek penelitian ini adalah dosen ahli isi materi, guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, dan siswa kelas VII SMP IT Darul Azhar Kutacane. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (Research & Development). Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Bahan ajar dirancang sesuai dengan permasalahan peserta didik dan sesuai dengan kurikulum 2013. (2) uji validasi bahan ajar berada pada kualifikasi baik, dan (3) uji coba bahan ajar menulis teks tanggapan deskriptif budaya Alas “pemamanen” sangat diterima oleh peserta didik, dengan nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik sebesar 81 %.