ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER PADA BUKU AJAR BAHASA ARAB

Main Article Content

Sri Zulfida

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam buku ajar Bahasa Arab yang digunakan oleh salah satu Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) yang berada di Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif  kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Objek yang diteliti adalah buku bahasa Arab  kelas VI SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Buku bahasa Arab kelas VI SD ini telah memenuhi nilai-nilai karakter yang termuat dalam PPK (penuatan Pendidikan Karakter) sesuai dengan kurikulum 2013. (2) Nilai-nilai karakter  yang terdapat dalam buku ajar bahasa  Arab kelas VI ini adalah religious, nasionalisme, mandiri, gotongroyong, dan integritas. (3) Persentase keragaman nilai karakter yang termasuk kategori tinggi yaitu karakter mandiri (29,33%), dan karakter nasionalisme (25,28%). Persentase keragaman nilai karakter yang termasuk pada kategori sedang yaitu karakter religious (18, 20 %) dan karakter gotong royong (11,13%). Sedangkan karakter yang termasuk kategori kecil adalah karakter integritas (5,6%).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles