ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER PADA BUKU AJAR BAHASA ARAB
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam buku ajar Bahasa Arab yang digunakan oleh salah satu Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) yang berada di Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Objek yang diteliti adalah buku bahasa Arab kelas VI SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Buku bahasa Arab kelas VI SD ini telah memenuhi nilai-nilai karakter yang termuat dalam PPK (penuatan Pendidikan Karakter) sesuai dengan kurikulum 2013. (2) Nilai-nilai karakter yang terdapat dalam buku ajar bahasa Arab kelas VI ini adalah religious, nasionalisme, mandiri, gotongroyong, dan integritas. (3) Persentase keragaman nilai karakter yang termasuk kategori tinggi yaitu karakter mandiri (29,33%), dan karakter nasionalisme (25,28%). Persentase keragaman nilai karakter yang termasuk pada kategori sedang yaitu karakter religious (18, 20 %) dan karakter gotong royong (11,13%). Sedangkan karakter yang termasuk kategori kecil adalah karakter integritas (5,6%).