PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penyajian pengembangan media pembelajaran menulis puisi berbasis metode picture and picture pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research & Development). Validator merupakan subjek penelitian terhadap produk pengembangan dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini dosen ahli adalah validator, untuk mengambil data validator mengisi lembar validasi yang telah disediakan. Selain itu, siswa kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal adalah subjek dalam penelitian ini. Media pembelajaran menulis puisi berbasis metode picture and picture pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal adalah objek dalam penelitian ini. SMA Muhammadiyah 18 terletak di kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Data yang diperoleh siswa sebelum dilakukan pengembangan media pembelajaran yaitu sebesar yaitu sebesar 61,18, dimana sebelum proses pengembangan dengan kategori cukup. Selanjutnya, data yang diperoleh siswa setelah dilakukan pengembangan media pembelajaran yaitu sebesar 80,18 dalam kategori baik ada peningkatan pada proses pengembangan media pembelajaran menulis puisi berbasis metode picture and picture di kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menunjukkan bahwa desain pengembangan media pembelajaran menulis puisi berbasis metode picture and picture pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal, dinyatakan berhasil dan baik.