PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MINAT BACA SISWA DI SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap minat baca siswa kelas V SDN 060893 Medan Petisah Tahun Ajaran 2024/2025. Rendahnya minat baca siswa yang ditandai dengan kurangnya antusiasme saat kegiatan membaca serta lemahnya dukungan literasi di rumah menjadi latar belakang penelitian ini. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi sekaligus sampel berjumlah 15 siswa menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui angket tertutup mengenai pola asuh orang tua dan minat baca siswa, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, serta uji hipotesis dengan korelasi Pearson Product Moment melalui SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua kategori demokratis cenderung berhubungan dengan minat baca tinggi, sementara pola asuh permisif dan otoriter berkaitan dengan minat baca rendah hingga sedang. Uji normalitas menunjukkan bahwa kedua variabel berdistribusi normal, dan uji linearitas mengonfirmasi hubungan linear yang signifikan. Hasil uji hipotesis memperlihatkan bahwa nilai signifikansi < 0,05, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap minat baca siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua memberikan kontribusi penting dalam membentuk minat baca siswa. Pola asuh demokratis yang ditandai dengan komunikasi terbuka, dukungan, dan pemberian teladan berperan positif dalam meningkatkan minat baca, sedangkan pola asuh permisif atau otoriter cenderung tidak mendukung perkembangan minat baca secara optimal. Penelitian ini mengimplikasikan pentingnya keterlibatan dan peran aktif orang tua dalam membangun budaya literasi sejak dini.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.