KONTRIBUSI BAHASA INDONESIA DALAM PEMBENTUKAN IDENTITAS BUDAYA DI KALANGAN MAHASISWA: ANALISIS PERAN DAN IMPLIKASI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi Bahasa Indonesia dalam pembentukan identitas budaya di kalangan mahasiswa, dengan menyoroti peran, tantangan, dan implikasinya di era globalisasi. Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dihadapkan pada dinamika penggunaan bahasa daerah dan bahasa gaul yang berkembang pesat di lingkungan mahasiswa. Studi ini menggunakan pendekatan fenomenologis dengan melibatkan 98 responden mahasiswa dari berbagai latar belakang budaya. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring dan dianalisis secara tematik untuk mengidentifikasi makna, pengalaman, serta persepsi mahasiswa terhadap penggunaan Bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa gaul dalam kehidupan sehari-hari.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bahasa Indonesia memiliki kontribusi terbesar (30%) dalam membentuk identitas nasional dan memperkuat integrasi antar mahasiswa lintas etnis. Bahasa daerah tetap berperan penting sebagai penjaga akar budaya (25%), meskipun penggunaannya mulai menurun di lingkungan kampus. Bahasa gaul, yang juga menempati porsi signifikan (25%), diakui memperkaya ekspresi, namun berpotensi mengikis identitas budaya asli. Implikasi dari fenomena ini adalah munculnya kesadaran di kalangan mahasiswa akan pentingnya menjaga keseimbangan antara penggunaan Bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa gaul agar identitas budaya tetap lestari.Bahasa Indonesia berfungsi sebagai perekat utama identitas nasional di tengah keberagaman budaya mahasiswa, sementara bahasa daerah dan bahasa gaul memberikan warna tersendiri dalam dinamika kebudayaan kampus. Upaya pelestarian bahasa daerah dan penguatan Bahasa Indonesia perlu didukung oleh institusi pendidikan dan komunitas mahasiswa agar identitas budaya generasi muda tetap terjaga di era modern. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan kebijakan bahasa dan strategi pelestarian budaya di lingkungan pendidikan tinggi.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.