PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA
Main Article Content
Abstract
Kemampuan menulis siswa masih banyak mengalami berbagai masalah, terutama menulis teks biografi. Kesulitan yang sering terjadi kurangnya pemahaman siswa terkait tata bahasa dan struktur tulisan yang tepat sehingga hasil belajar siswa kurang sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis teks biografi dengan menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas X di SMA Negeri 2 Pekanbaru. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 2 Pekanbaru. Sampel untuk penelitian ini adalah siswa kelas X.10 SMA Negeri 2 Pekanbaru. Data penelitian ini diperoleh dari instrumen tes tertulis yang dilakukan pada pretest dan posttest. Hasil penelitian berdasarkan analisis data diperoleh nilai sig.(2 tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya hipotesis diterima (Ha) terdapat peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan menulis biografi siswa antara sebelum dan sesudah perlakuan dengan menggunakan metode mind mapping. Peningkatan terlihat dari nilai rata-rata posttest 83,30 dimana lebih besar dari nilai rata-rata pretest 58,10.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.