PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ADIWIYATA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MATERI PENDALAMAN PUISI SIWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran yaitu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berbasis Adiwiyata pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam materi pendalaman puisi. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah mendeskripsikan kelayakan LKPD dan respon peserta didik terhadap LKPD berbasis Adiwiyata pada materi mendalami puisi untuk kelas X. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model dari Dick and Carey. Subjek penelitian meliputi ahli/pakar serta satu kelas dalam uji keterbacaan peserta didik. Uji coba produk melalui tahap pravalidasi, validator ahli, dan uji keterbacaan peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar saran, komentar, dan kuisioner dengan bantuan program google form. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa: (1) Kelayakan LKPD mendalami puisi berbasis Adiwiyata untuk kelas X berdasarkan penilaian validator ahli mencapai persentase rata-rata sebesar 80% dengan kriteria layak digunakan sebagai media penunjang pembelajaran Bahasa Indonesia; (2) Respon dari peserta didik LKPD mendalami puisi berbasis Adiwiyata untuk kelas X mendapatkan persentase 87,7% dari hasil uji keterbacaan dan mendapatkan kriteria layak digunakan.