ANALISIS KINERJA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MENULIS PUISI YANG KOMPREHENSIF SERTA ANALISIS TAHAP AWAL, PROSES, DAN EVALUASI PEMBELAJARAN

Main Article Content

Asih Riyanti, Agnes Natalia Salma, Vera Grasella, Nova Intan Anggraini, Febi Kasmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru dalam meningkatkan pembelajaran menulis puisi yang komprehensif dikelas VIII SMP Negeri 1 Kota Tarakan. Selain itu, penelitian ini menganalisis secara mendalam tahap awal (perencanaan), proses (pelaksanaan), dan evaluasi pembelajaran menulis puisi yang diterapkan. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan observasi langsung kegiatan pembelajaran, wawancara dengan guru bahasa Indonesia serta analisis dokumen perencanaan dan hasil evaluasi siswa. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai peran kinerja guru dalam menstimulasi kemampuan menulis puisi siswa secara menyeluruh, serta mengidentifikasi praktik-praktik terbaik dan tantangan setiap tahapan pembelajaran menulis puisi di tingkat SMP. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan metode pembelajaran yang lebih efisien untuk menulis puisi serta peningkatan kemampuan guru dalam membantu siswa berekspresi secara kreatif melalui puisi.


 


Kata kunci: Kinerja Guru, Pembelajaran Menulis Puisi, Tahap Awal Pembelajaran, Proses Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles