ANALISIS PERSEPSI MATA KULIAH PUBLIC SPEAKING TERHADAP KEMAMPUAN SPEAKING, TEACHING DAN DELIVERY MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

Main Article Content

Nazriani Lubis, Asnarni Lubis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi persepsi mata kuliah Public Speaking
terhadap kemampuan public speaking, teaching, dan delivery. Untuk mencapai tujuan
penenlitian, metode deskriptif kuantitatif digunakan dengan analisis presepsi mata kuliah
Public Speaking terhadap kemapuan public Speaking, teaching dan delivery Mahasiswa
Semester VIIA & VIIC Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muslim Nusantara AlWashliyah
Medan .Instrumen yang digunakan adalah angket berskala likert yang
kemudian analisis data menggunakan uji regresi linear, uji t, uji f dan uji
R2,.Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan SPSS 22.00for windows dapat
dilihat berdasarkan hasil penelitian, hasil perhitungan koefisen determinasi (R
) kelas VII A sebesar 47,2% dan mahasiswaVII C sebesar 68.7%.yang menunjukkan bahwa
mahasiswa VIIC memiliki persepsi lebih positif. Selanjutnya, t-test VII C ditemukan
bahwa nilai sig 0.018 sehingga sig < 0.05 (0,018< 0.05) yang berarti kemampuan
speaking(X1) mempengaruhi persepsi mahasiswa, lalu sig 0.002 sehingga sig < 0.05
(0,002< 0.05) berarti kemampuan teaching(X2) mempengaruhi persepsi mahasiswa.
Namun, nilai sig 0.794 sehingga sig > 0.05 (0,794> 0.05) yang berarti kemampuan
delivery(X3) tidak mempengaruhi persepsi mahasiswa pada mta kuliah public
speaking(Y). Lalu, hasil F-test VIIC sig 0,001<0,005 yang berarti bahwa adanya
persepsi positif. Hasil penemuan ini menyimpulkan bahwa kemampuan public speaking,
teaching, dan delivery mahasiswa dapat diperoleh tidak hanya dari mata kuliah Public
Speaking saja.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles