PERKEMBANGAN KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) DAN PENGARUHNYA PADA PENGAJARAN BAHASA INGGRIS - SEBUAH TINJAUAN PUSTAKA

Main Article Content

Roswani Siregar
Heni Subagiharti
Diah Syafitri Handayani
Eka Umi Kalsum
Rohdearni Wati Sipayung
Efendi Barus

Abstract

Kecerdasan buatan (artificial intelligence - AI) telah menjadi penemuan penting di abad ke-21. Penggunaan AI semakin meluas di berbagai bidang, termasuk pendidikan tinggi. AI telah memengaruhi pengajaran, pembelajaran, dan penilaian bahasa Inggris; hal ini jelas dari penggunaan pesat teknologi AI baru-baru ini dan ketersediaannya yang semakin meningkat. Para pendidik di seluruh dunia mengajukan berbagai pertanyaan tentang penggunaan AI dalam pendidikan secara lebih luas – tentang relevansi, tantangan, etika, dan akses terhadap teknologi tersebut. Hal itu menimbulkan minat berbagai peneliti untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan tersebut. Artikel ini memaparkan tinjauan terhadap penelitian terkait  penggunaan AI dalam pembelajaran Bahasa Inggris selama tahun 2016-2024. Tinjauan tersebut mengidentifikasi empat bidang utama di mana AI digunakan dalam Pengajaran bahasa Inggris yakni pengembangan keterampilan berbicara, menulis, dan membaca, untuk mendukung pedagogi dan untuk pengaturan diri. Artikel ini melaporkan penelitian-penelitian terkait berdasarkan metode Literature Review. Tidak dapat disangkal, AI akan terus merambah ke berbagai bidang kehidupan manusia termasuk dalam bidang pendidikan pengajaran bahasa yang dapat mengubah cara dan metode pembelajaran bahasa di masa mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Heni Subagiharti, Universitas Asahan

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Asahan, Indonesia

Diah Syafitri Handayani, Universitas Sumatera Utara

Departmen Pendidikan Vokasi, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia

Eka Umi Kalsum, Universitas Al-Azhar Medan

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Al-Azhar Medan, Indonesia

Rohdearni Wati Sipayung, Universitas Simalungun Indonesia

Program Studi Keguruan, FKIP, Universitas Simalungun, Indonesia

Efendi Barus, Universitas Islam Sumatera Utara

Fakultas Sastra, Universitas Islam Sumatera Utara, Medan, Indonesia