MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VII-5 MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR DI SMP NEGERI 1 PANCUR BATU PADA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Main Article Content

Nursyam Hasyim Br Purba

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: Meningkatkan  hasil belajar siswa kelas    VII-5 melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir di SMP Negeri 1 Pancur Batu pada tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VII-5 SMP Negeri 1 Pancur Batu sebanyak 32 orang. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah menggunakan test, angket  dan observasi. Rentang nilai untuk tes  adalah 1-100. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan jumlah nilai rata rata siswa, persentase jumlah siswa yang tuntas dan persentase jumlah siswa yang belum tuntas. Hasil Penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir dengan hasil sebagai berikut: (1) Terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, dimana pada tes awal rata-rata hasil belajar siswa adalah 39, pada siklus I meningkatkan menjadi 67,5 kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 77,81, (2).Terdapat peningkatan jumlah siswa yang tuntas, dimana pada tes awal jumlah siswa yang tuntas hanya 0%, meningkat menjadi 75,0% pada siklus I kemudian meningkat lagi menjadi 87,5% pada siklus II,(3). Terdapat penurunan jumlah siswa yang tidak tuntas, dimana pada tes awal jumlah siswa yang tidak tuntas mencapai 100%, pada siklus I menurun menjadi 25,0% kemudian pada siklus II menurun lagi menjadi 12,5% dengan kata lain hanya 4 siswa saja yang memperoleh nilai 60 dan selebihnya (28) siswa memperoleh nilai di atas 70.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles