ANALISIS PEMECAHAN MASALAH KEMAMPUAN MENULIS MAHASISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemecahan masalah kemampuan menulis mahasiswa dan mengetahui apa media pembelajaran dengan berbasis video dapat memecahkan masalah kemampuan menulis mahasiswa.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mengumpulkan data siswa agar dapat mengetahui permasalahan siswa dan kemampuan mereka dalam menulis berbasis video.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester tujuh jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UMN Al Washliyah sebanyak 30 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data berbentuk observasi, wawancara langsung dan memberikan test kepada siswa. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu test tulisan leksikal. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap pertama adalah mengumpulkan data dari observasi, wawancara dan test, tahap kedua yaitu mengklasifikasikan data dan tahap ketiga adalah menganalisis data yang ada dan juga menyimpulkan.Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh bahwa hasil lembar observasi tersebut dapat dikatakan penerapan media pembelajaran pada kemampuan menulis berhasil dapat memecahkan masalah dengan hasil 10% siswa di dalam kelas mendapatkan kriteria baik dan 90 % siswa lainnya mendapat kriteria Sangat Baik. Dan dari wawancara bahwa mereka terbantu dengan adanya video dan manambah vocabulary yang ada dan mereka lebih aktif didalam kelas dengan adanya tampilan video pada proses pembelajaran.Menulis kalimat bahasa Inggris dengan menggunakan video pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UMN Aw mengalami peningkatan baik dengan nilai sebesar 86,17. Selain itu dengan bantuan video terdapat motivasi dari dosen untuk mempengaruhi nilai belajar mahasiswa.