SELF CONCEPT DAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) QUESTIONS DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL
Main Article Content
Abstract
Self-concept siswa memberikan kesempatan kepada siswa mengetahui kebutuhan mereka selama proses pembelajaran yang mana itu akan memberikan dampak yang besar terhadap kebiasaan mereka, namun hanya ada beberapa siswa yang sama yang menunjukkan sikap dan perkembangan yang baik dalam komunikasi interperosnal di kelas Bahasa Inggris UMN Al Washliyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengivestigasi hubungan antara self-concept dan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Questions dalam komunikasi interpersonal mahasiswa pendidikan Bahasa Inggris UMN Al Washliyah. Untuk mencapai tujuan penelitian, Penelitian kualitatif digunakan untuk fokus kepada karaterisitik tertentu dengan desain penelitian yang digunakan adalah case study, berdasarkan pemilihan subject penelitian adalah sekelompok grup yang terdiri dari beberapa orang yang memiliki karaterisktik khusus. Data penelitian ini adalah kumpulan jawaban-jawaban Higher Order Thingking Skill (HOTS) questions yang ditranskrip secara komprehensif. Kemudian, transkip hasil wawancara untuk memperoleh informasi tentang kesadaran self-concept. Kemudian, data yang ditemukan akan dianalisis menggunakan Model Miles and Huberman. Hasil penemuan dan analisis data mengungkapkan bahwa terdapat tiga kelompok mahasiswa, yaitu; mahasiswa dengan self-concept positif memiliki kemampuan interpesonal sangat baik, mahasiswa dengan self-concept positif memiliki kemampuan interpesonal sedang, mahasiswa dengan self-concept negatif memiliki kemampuan interpesonal yang kurang dalam menjawab pertanyaan HOTS.