UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DALAM KEGIATAN MEMBACA INTENSIF MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW DI KELAS VII4 SMP NEGERI 37 MEDAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran-Tuntas di kelas VII-4 SMP Negeri 37 Medan. Hasil pembelajaran di SMPN 37 Medan kurang dari 75 dengan daya serap sekitar 49,25. Upaya mengatasi hal tersebut maka dilakukan usaha memperbaiki cara pembelajaran dengan melakukan model pembelajaran Jigsaw. Pada siklus 1 kemampuan belajar siswa sebanyak (69,75) belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus ke 2 peneliti memodifikasi model pembelajaran Jigsaw. Di siklus ke 2 ini siswa dibagi menjadi lima kelompok. Dengan pembagian kelompok ini aktivitas siswa semakin meningkat. Kerjasama siswa tampak lebih meningkat. Di siklus ke 2 hasil belajar siswa sebanyak (82,75) siswa sudah tuntas memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Melalui pendekatan belajar tuntas dengan penyampaian materi secara tuntas, perencanaan pembelajaran ini dapat dilaksanakan dengan baik. Kenaikan banyaknya siswa tuntas ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang didasarkan pada penerapan pembelajaran melalui pendekatan belajar melalui model pembelajaran Jigsaw dengan kombinasi pembelajaran klasikal, kelompok dan individual serta pemecahan masalah dapat membuat siswa aktif dan semakin kreatif.