EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWAKELAS VII SMP NEGERI 3 KUALUH SELATAN KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media audio visual dalam pembelajaran teks prosedur pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pretest dan posttest. Populasi penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 3 Kualuh Selatan yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah populasi 250 orang siswa. Dari jumlah tersebut ditetapkan sampel 20% yaitu 50 orang siswa, kemudian sampel dibagi menjadi dua kelompok control dan kelompok eksperimen yang masing-masing berjumlah 25 orang siswa. Teknik pengambilan sampel secara acak. Instrument atau alat pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah tes essay. Dari hasil analisis data yang dikeahui bahwa media audio visual lebih efektif dibandingkan dengan media konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Dalam hal ini diperoleh 6.81 selanjutnya dikonsultasikan dengan pada taraf 0.05 (5%)=0.127 dengan dk = (N + N)-2= 48. Karena yang diperoleh lebih besar dari diterima. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran teks prosedur dengan menggunakan media audio visual lebih efektif dibandingkan dengan media konvensional.