EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWAKELAS VII SMP NEGERI 3 KUALUH SELATAN KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA

Main Article Content

Fata Ibnu Hajar, Rahayu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media audio visual dalam pembelajaran teks prosedur pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pretest dan posttest. Populasi penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 3 Kualuh Selatan yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah populasi 250 orang siswa. Dari jumlah tersebut ditetapkan sampel 20% yaitu 50 orang siswa, kemudian sampel dibagi menjadi dua kelompok control dan kelompok eksperimen yang masing-masing berjumlah 25 orang siswa. Teknik pengambilan sampel secara acak. Instrument atau alat pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah tes essay. Dari hasil analisis data yang dikeahui bahwa media audio visual lebih efektif dibandingkan dengan media konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Dalam hal ini diperoleh   6.81 selanjutnya dikonsultasikan dengan   pada taraf 0.05 (5%)=0.127 dengan dk = (N + N)-2= 48. Karena  yang diperoleh lebih besar dari  diterima. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran teks prosedur dengan menggunakan media audio visual lebih efektif  dibandingkan dengan media konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles