UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PENGUASAN KOMPETENSI DASAR MAKNA DALAM PERCAKAPAN TRANSAKSIONAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK DI KELAS VIII-A SMP NEGERI 39 MEDAN

Main Article Content

Juliana Sembiring

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan menggunakan metode diskusi kelompok dapat menumbuhkan motivsi kelas VIII-ASMP Negeri 39  Medan. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan melalui dua siklus yang terdiri dari tahap: Perencanaan, Pelaksanaan, Tindakan, Observasi,dan Refleksi. Hasil temuan penelitian diperoleh pada siklus 1 terdapat 25% siswa yang telah termotivasi dalam belajar sedangkan 75% siswa masih kurang termotivasi dalam belajar. Dengan demikian secara klasikal siswadinyatakan masih kurang termotivasi dalam belajar. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus 2. siswa yang telah termotivasi dalam belajar pada siklus 2 meningkat menjadi 100%. Dengan demikian secara klasikal atau kelas siswadinyatakan telah termotivasi dalam belajar. Dari data diatas dapat disimpulkan Bahwa ada peningkatan motivasi belajar bahasa inggris melalui metode diskusi kelompok

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles