PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA POWTOON TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pembelajaran menggunakan model pembelajaran mind mapping berbantuan dengan penggunaan media powtoon terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas X Agama 1 dan X Agama 2 tahun pelajaran 2022-2023. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media powtoon terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas X Agama 1 dan X Agama 2 tahun pelajaran 2022-2023. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Aspek yang dinilai dalam penulisan teks ulasan yaitu isi gagasan, struktur teks berita, kalimat efektif, unsur kebahasaan, dan ejaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media powtoon terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas X Agama 1 dan X Agama 2 yakni sangat baik. Terbukti siswa-siswi memperoleh nilai rata-rata 86,1. Hal ini memberi dampak positif dan memberi kemudahan untuk siswa dalam menulis teks berita. Hasil belajar keterampilan menulis teks berita menggunakan métode ceramah memperoleh nilai rata-rata 72,3. Perolehan nilai rata-rata tersebut menandakan bahwa kelompok siswa yang diajar menggunakan metode ceramah memiliki kategori hasil belajar B (baik). Hasil belajar keterampilan menulis teks berita menggunakan media powtoon memperoleh nilai rata-rata 83,7. Perolehan nilai rata-rata tersebut menandakan bahwa kelompok siswa yang diajar menggunakan media powtoon memiliki kategori hasil belajar A (baik sekali). Media powtoon memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas X Agama 1 dan X Agama 2 MAS Al-Washliyah Bangun Purba. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan menggunakan uji “t”, di mana t hasil perhitungan dibandingkan dengan ttabel dan diperoleh thitung > ttabel atau 4,37 > 1,677, sehingga hipotesis alternatif (Ha) pada penelitian ini terbukti kebenarannya dan diterima.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.