METODE BERPIDATO DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERETORIKA OLEH SISWA KELAS XI SMK AL WASHLIYAH 4 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015-2016

Main Article Content

Mimi Rosadi

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti, keterampilan beretorika siswa kelas XI SMK Al Washliyah 4 Medan tahun pembelajaran 2015-2016 masih rendah disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran, sulit mengungkapkan gagasan (ide) dalam berbicara maupun beretorika, serta strategi yang digunakan kurang menarik sehingga siswa mengalami kesulitan dalam kegiatan beretorika. Untuk memperbaiki kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan sistem pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa, yaitu dengan menggunakan sistem pembelajaran metode berpidato yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan beretorika siswa kelas XI SMK Al Washliyah 4 Medan tahun pembelajaran 2015-2016. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan keterampilan beretorika dengan menggunakan metode berpidato oleh siswa kelas XI SMK Al Washliyah 4 Medan tahun pembelajaran 2015-2016. Berkaitan dengan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui tingkat keterampilan beretorika dengan menggunakan metode berpidato oleh siswa kelas XI SMK Al Washliyah 4 Medan tahun pembelajaran 2015-2016. Penelitian ini menggunaan desain PTK yang dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap siklus I, tahap siklus II dengan target ketuntasan minimal 80,00 dan rata-rata kelas 83,02. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Al Washliyah 4 Medan sebanyak  38 siswa. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu metode berpidato dan keterampilan beretorika. Pengumpulan data pada tahap siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa keterampilan beretorika dengan menggunakan metode berpidato. Terjadi peningkatan dari pra tindakan yaitu  67,60, siklus I  77,74, siklus II  83,02. Hasil yang dicapai pada siklus II tersebut sudah melebihi target ketuntasan yang telah ditetapkan, yaitu dengan rata-rata kelas 83,02.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles