MENINGKATKAN KETAMPILAN MEMBACA TEXT BERBAHASA INGGRIS MELALUI PICTURES SERIES
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan, keaktifan dan hasil belajar siswa dalam membaca Text berbahasa Inggris setelah menggunakan media pictures series.Subyek yang diteliti sebanyak 40 siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan melakukan dua tindakan dalam dua siklus.Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, obeservasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh siswa dari pemberian tindakan selama dua siklus mengalami peningkatan. pada saat sebelum mendapat tindakan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 74,125 sedangkan nilai KKM yang harus diperoleh setiap siswa adalah 84. Setelah mendapat tindakan dengan menggunakan pictures series sebagai media pembelajaran meningkat dengan memperoleh nilai rata-rata kelas 83,5 dengan 33 siswa (82,5%) mencapai ketuntasan belajar sedangkan 7 siswa (17,5) belum mencapai ketuntasan belajar.Penggunaan media pictures series sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca teks berbahasa Inggris. Aktifitas pembelajaran yang dilakukan guru dan siswa berlangsung dengan baik dengan penggunaan media pictures series di dalam pembelajaran.