PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS CERITA PENDEK BERMUATAN KARAKTER PADA SISWA KELAS XI SMA

Main Article Content

Clara lolinsa

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berupa bahan ajar yang interaktif bermuatan karakter untuk siswa kelas XI SMA pada pelajaran materi teks cerita pendek untuk mendeskripsikan uji kelayakan bahan ajar interaktif yang dikembangkan bagi siswa kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah metode R&D (Research and Devlopment) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan penelitian yaitu, Analysis, Design, Devlopment, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa, SMA Al Washliyah 1 Medan dan Madrasah Aliyah Swasta Mu’allimin UNIVA Medan. Dalam uji coba kelompok kecil dilakukan di SMA Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa dengan subjek penelitian yang berjumlah 36 peserta didik. Data dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara, angket, validasi produk, dan uji coba kelompok kecil. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil validasi bahan ajar terdiri dari validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,6 dengan kategori “sangat baik”, validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 4,95 dengan kategori “sangat baik”, penilaian Guru Bahasa Indonesia memperoleh skor rata-rata 4,7 dengan kategori “sangat baik”, dan hasil siswa dalam kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 4,85 dengan kategori “sangat baik. Dari hasil validasi dan penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa Bahan Ajar Teks Cerita Pendek Bermuatan Karakter pada Siswa Kelas XI SMA layak digunakan sebagai media pembelajaran.


Kata kunci: pengembangan, bahan ajar interaktif, teks cerpen, bermuatan karakter

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles