KEMAMPUAN MENULIS PANTUN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING DI SMP NEGERI 1 GUNUNGSITOLI UTARA
Main Article Content
Abstract
Menulis pantun adalah serangkaian kegiatan seseorang untuk menuangkan pengetahuan atau pengalaman yang dimilikinya ke dalam bentuk tulisan yang ditandai oleh adanya bagian lampiran dan bagian isi sehingga memiliki keterikatan tertentu yang diperhatikan oleh penulis yakni tiap bait terdiri dari 4 baris, tiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata, sajaknya a-b-a-b atau bunyi akhir baris pertama sama dengan bunyi akhir baris ketiga, dan bunyi akhir baris kedua sama dengan bunyi akhir baris keempat, dan kedua baris pertama merupakan lampiran, sedangkan isinya terdapat pada kedua baris terakhir. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) dapat meningkatkan kemampuan menulis pantun.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
Section
Articles