ANALISIS KARAKTER TOKOH PROTAGONIS DAN ANTAGONIS NOVEL“SYARIFAH” KARYA DUL ABDUL RAHMAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 04

Main Article Content

Rahmat Kartolo

Abstract

Tokoh merupakan unsur penting dalarn karya sastra khususnya novel. ‘I’ema atau jalinan cerita (plot) tcrjadi karena adanya tokoh. Kekayaan batin tokoh dapat dirasakan pembaca. Pembaca yang benar-benar dapat memahami jaian pikiran pengarang, lebih banyak memperoleh nilai-nilai psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa menemukan karakter tokoh dalani novel “Syarifah” Karya Dul Abdul Rabman. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini 315 siswa, sedangkan sampel penelitiannya sebanyak 75 siswa. Istrurnen penelitian ini adalah berupa tes objektif sehanyak 20 soal yang dibagikan kepada sapel penelitian. Teknik pengumpulan data digunakan dengan membagikan tes kepada siswa kemudian mengumpulkan lembar jawaban tugas siswa dan mengoreksi hasil tes siswa dengan mencari skor rata-rata siswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa karakter kemampuan siswa menganalisis aspek penokohan penokohan novel “Syarifah” Karya Dul Abdul Rabman” terdiori dari tiga aspek. Adapun aspek penilaian masing-masing kemampuan siswa meliputi “aspek teori, aspek peran antagonis dan aspek peran protagonis.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles