UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SINOPSIS NOVEL “AYAH MENGAPA AKU BERBEDA” KARYA AGNES DAVONAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD OLEH SISWA KELAS XII SMK BM MUHAMMADIYAH 04 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016 – 2017
Main Article Content
Abstract
Penulisan sinopsis novel merupakan salah satu sub materi ajar dimuat dalam silabus bahasa indonesia untuk kelas XII SMK BM Muhammadiyah 04 Medan. Proses pembelajaran ini serta hasil penulisan sinopsis selama ini sudah efektif. Teknik yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis sinopsis adalah dengan model pembelajaran Stad. Pertama dilakukan adalah pemahaman tentang isi novel tersebut, kemudian siswa disuruh untuk menulis sinopsis. Jika penelitian nanti menunjukkan hasil yang baik antara keterampilan menulis sinopsis novel dengan model pembelajaran stad maka upaya tersebut perlu dipertahankan.Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data objektif tentang Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Sinopsis Novel “Ayah Mengapa Aku Berbeda”karya Agnes Davonar Dengan Model Pembelajaran Stad Oleh Siswa Kelas XII SMK BM Muhammadiyah 04 Medan Tahun Ajaran 2016-2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII SMK BM Muhammadiyah 04 Medan yang terdiri dari empat kelas berjumlah 140 siswa. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 35 siswa. Metode penelitian ini adalahPenelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian yang berbasis kelas, maka masalah-masalah yang diteliti dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah masalah-masalah yang muncul di kelas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) juga mengupayakan perbaikan kondisi pembelajaran dan menyelesaikan bermacam-macam permasalahan yang muncul di dalamkelas.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.