BAHAN AJAR DIGITAL TEKS CERPEN UNTUK SMP
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi keterbatasan bahan ajar teks cerpen yang dapat disajikan secara digital menarik dan mudah digunakan oleh guru maupun siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya materi pembelajaran teks cerpen digitalĀ di SMP. Berdasarkan latar belakang dan tujuan penelitiannya tersebut, maka penelitian ini dimaksudkan untuk menghasilkan bahan ajar digital untuk meningkatkan pemahaman teks cerpen pada siswa, menghasilkan bahan ajar digital yang layak, dan mengimplementasikan bahan ajar digital teks cerpen pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan yang mengacu pada langkah-langkah desain pengembangan yang dikembangkan oleh Dick and Carry. Desain pengembangan dikelompokkan atas lima prosedur pengembangan, yang meliputi tahap analisis (analysis), tahap desain (design), danĀ tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), tahap valuasi (evaluation). Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, observasi, angket untuk ahli materi, angket untuk ahli media, angket respon siswa, dan instrumen naskah tes. Deskripsi dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar digital dapat meningkatkan pemahaman teks cerpen pada siswa, bahan ajar digital teks cerpen dapat digunakan dalam pembelajaran secara efektif, bahan ajar digital yang dikembangkan dapat di implementasikan.