PENERAPAN TEHNIK IMAGINE (KHAYALAN VISUAL) MATERI MENULIS PUISI PESERTA DIDIK
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan zuntuk zmengetahui bagaimana zPenerapan zTehnik zImagine (zKhayalan zVisual) Materi zMenulis zPuisi Peserta zDidik zKelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi, mengetahui peningkatan kemampuan menulis peserta didik di kelas VIII di SMP Negeri 30 Muaro Jambi melalui tehnik Imagine (khayalan visual), dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung Penerapan Tehnik Imagine (Khayalan Visual) Materi zMenulis zPuisi zPeserta zDidik zKelas zVIII zSMP zNegeri 30 Muaro Jambi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif karena dalam penelitian ini menghasilkan kesimpulan berupa data yang menggambarkan secara rinci, bukan data yang berupa angka-angka. Hasil penelitian Penerapan Tehnik Imagine (Khayalan Visual) Materi zMenulis zPuisi zPeserta zDidik zKelas zVIII zSMP zNegeri 30 Muaro Jambi dilakukan guru berjalan dengan baik, Tehnik imagine (khayalan visual) dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 30 muaro jambi, dan Faktor penghambat dari penerapan tehnik imagine (khayalan visual), zyaituzsiswa zyang zkurang zpaham zmengenai zkaidah zpenulisan zpuisi, zsiswa zkesulitan zdalam zmenyampaikan zide zmenulis, zdan zmasih ada siswa yang tak pandai menggunakan majas. sedangkan faktor pendukungnya adalah zdapat zmembuat zproses zpembelajaran zmenjadi zlebih zmenarik zdan zsiswa zlebih ztertarik zdengan zpembelajaran zmenggunakan Tehnik Imagine (khayalan visual), dan dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa.