HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BIOLOGI MELALUI METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk: meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Biologidi kelas X MIA – 2 melalui Metode Pembelajaran Demonstrasi di SMA Negeri 1 Kutalimbaru Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMA Negeri 1 Kutalimbaru sebanyak 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah menggunakan test, angket dan observasi. Rentang nilai untuk tes adalah 1-100. Instrumen yang di gunakan untuk pengelolaan data adalah menggunakan perhitungan jumlah rata-rata siswa yang tuntas, persentase jumlah siswa yang belum tuntas dan persentase jumlah siswa yang sudah tuntas. Hasil Penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar dengan menerapkan Metode pembelajaran demonstrasi dengan hasil sebagai berikut: (1) terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, dimana pada test awal rata-rata hasil belajar siswa adalah 43,23, pada siklus I meningkatkan menjadi 66,18 kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 77,65, terdapat peningkatan jumlah siswa yang tuntas, dimana pada test awal jumlah siswa yang tuntas hanya 0%, meningkat menjadi 64,71% pada siklus I kemudian meningkat lagi menjadi 88,24% pada siklus II, terdapat penurunan jumlah siswa yang tidak tuntas, dimana pada test awal jumlah siswa yang tidak tuntas mencapai 100%, pada siklus I menjadi 35,29% kemudian pada siklus II menurun lagi menjadi 11,76% dengan kata lain hanya 4 siswa saja yang memperoleh nilai 60 dan selebihnya (30) siswa memperoleh nilai 70 dan di atas 70.