MEDIA PERKULIAHAN DARING DI JURUSAN TBIN IAIN ULUNGAGUNG

Isi Artikel Utama

Rahmawati Mulyaningtyas, Elen Nurjanah

Abstrak

Upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 berdampak terhadap berbagai sektor, termasuk pendidikan. Pendidikan dasar hingga perguruan tinggi menerapkan kegiatan berlajar dari rumah. Hal ini juga terjadi di Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, IAIN Tulungagung. Perkuliahan yang awalnya dilaksanakan dengan tatap muka diubah menjadi secara daring. Beberapa media daring telah digunakan para dosen dan mahasiswa untuk menunjang perkuliahan. Penggunaan media daring yang bermacam-macam memunculkan beberapa hambatan bagi mahasiswa dan dosen dalam proses perkuliahan daring. Oleh karena itu, penelitian ini mengkaji tentang macam media daring yang digunakan dalam jurusan TBIN, prosedur perkuliahan menggunakan media, hambatan selama menggunakan media, dan solusi yang dapat ditawarkan untuk mengatasi hambatan penggunaan media tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitian adalah dosen dan mahasiswa di Jurusan TBIN dengan menggunakan teknik random sampling dengan tingkat kesalahan 5%. Hasil dari penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa menggunakan media Google Classroom, WhatsApp Group, dan Edmodo. Hambatan yang banyak dialami oleh mahasiswa dan dosen adalah sinyal yang kurang stabil. Hal ini sering menyebabkan mahasiswa tertinggal diskusi materi dalam kelas daring. Solusi yang ditawarkan oleh dosen adalah pemilihan dan persiapan media daring yang disesuaikan dengan kriteria kemudahan akses, dan tujuan perkuliahan. Selain itu, kerja sama serta komitmen mahasiswa dan dosen dalam perkuliahan daring dibutuhkan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles