PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA MELALUI CERPEN

Isi Artikel Utama

Putri Juwita, Nirmawan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi, serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara  melalui cerpen dalam pembelajaran bahasa Indonesia.Metode penelitian  yang digunakan adalah PTK Penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan didalam dua siklus dengan penggunaan cepen dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDIT Ash- Sholihin. dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berbicara pada siswa kelas  V SDIT Ash- Sholihin .setelah dilaksanakannya pembelajaran dengan penggunaan cerpen.. Hal tersebut terlihat dari aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yang semakin meningkat dalam setiap siklusnya, yaitu nilai rata-rata hasil pengamatan guru pada siklus I 2,75 dan meningkat menjadi 3,55 pada siklus II. Dan dilihat dari hasil tes berbicara pada siklus I diketahui 18 dari 30 siswa telah mencapai nilai KKM (60), dan meningkat pada siklus II dimana 29 dari 30 siswa telah berhasil mencapai nilai KKM (60). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus tersebut diatas, ternyata hipotesis yang telah dirumuskan terbukti kebenarannya artinya ternyata langkah pembelajaran melalui dongeng dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas V SDIT Ash- Sholihin.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles