ASESMEN MBTI DAN KARAKTERISTIK GLICKMAN DALAM MANAGEMEN ORGANISASI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemetaan guru dan karyawan di SD PTQ Annida berdasarkan tipe indikator MBTI dan karakteristik Glickman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Penerapan kedua teori ini adalah kepala sekolah memetakan guru berdasarkan kedua teori di atas. Untuk teori MBTI, pemetaan dilakukan dengan cara guru mengisi kuesioner yang dibuat oleh kepala sekolah. Adapun teori dari Glickman, kepala sekolah melakukan observasi ke guru secara langsung. Setelah kepala sekolah melakukan pemetaan, selanjutnya kepala sekolah dapat melakukan komunikasi dengan guru terkait dengan pengembangan sesuai dengan tipologi dan karakteristik masing-masing guru sehingga hasilnya lebih baik karena tepat sasaran dan pendekatan yang tepat. Kedua teori tersebut diterapkan secara bersamaan sesuai dengan kondisi satuan pendidikan yaitu SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) Annida.