PENGARUH IMPULSE BUYING DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI ULANG AIR MINUM MASAK DI DEPOT AZAY
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Depo Air Rebusan Azay di Kota Juang Bireuen untuk mengetahui bagaimana pembelian impulsif dan promosi mempengaruhi minat konsumen untuk membeli air rebusan. Penelitian di sini murni deskriptif. Meskipun 98 konsumen merupakan sampel, sedikit yang diketahui tentang populasi secara keseluruhan. Observasi, wawancara, kuisioner, dan studi dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Smart PLS (Partial Least Square) 3.0 digunakan untuk analisis penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelian impulsif dan promosi berdampak positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Hal ini didukung oleh fakta bahwa nilai Statistik-T lebih besar dari 1,96 dan Nilai P kurang dari 0,50, yang menunjukkan bahwa uji hipotesis dalam penelitian ini diterima atau valid. Nilai R-Square sebesar 0,901 untuk variabel niat beli sudah terlihat jelas. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan 90,1% antara kedua variabel tersebut, dengan pembelian impulsif dan promosi memiliki dampak terbesar pada minat konsumen.