PENGARUH PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA USAHA IBU-IBU DESA BAKARAN BATU, DELI SERDANG
Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Pembangunan Desa menerapkan keswadayaan melalui nilai-nilai kegotongroyongan merupakan bagian dari keistimewaan masyarakat desa yang tetap lestari. Bakaran Batu adalah desa terletak di Provinsi Sumut, Kab. Deli Serdang, Kecamatan Lubuk Pakam, dimana Ibu-Ibu tetap terus berupaya memajukan desa dan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa dengan tetap melibatkan semua pemangku kepentingan utama di desa. Beberapa permasalahan yang timbul dari Peningkatan laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi, sehingga dalam setiap usahanya harus memikirikan Produk dan Promosi disegala bidang sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga menimbulkan Peningkatan penjualan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh produk dan promosi terhadap peningkatan penjualan pada usaha ibu-ibu Desa Bakaran Batu, Deli Serdang. Variabel bebas (independen X) terdiri dari Produk, dan Promosi, dan variabel terikat (dependen Y) adalah Peningkatan Penjualan, selanjutnya mencari variabel yang dominan. Analisis deskriptif kuantitaif nerupakan metode dalam penelitian ini. Hasil Analisis dari regresi berganda menunjukkan Produk (X1), Promosi (X2), masing masing dapat mempengaruhi Peningkatan Penjualan dengan melihat besarnya koefisien regresi yang diperoleh. Metode penelitian kuantitatif dipakai untuk menekankan Pengujian terhadap teori yang dipakai dengan variabel-variabel penelitian diukur, dianalisa data menggunakan prosedur statistik, dengan bantuan Aplikasi Software SPSS. Dari hasil uji koefisien parsial (r) akan diperoleh variabel independent lebih dominan terhadap variabel dependen. Luaran yang ditargetkan dari Penelitian yang diusulkan ini adalah Diterbitkan pada Jurnal Penelitian yang sudah Journal Online System (OJS). Oleh karena itu Peneliti tertarik mengangkat sebuah judul penelitian “Pengaruh Produk Dan Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Usaha Ibu-Ibu Desa Bakaran Batu, Deli Serdang”.
Kata Kunci : Produk, Promosi, Peningkatan Penjualan.