PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS KOMPETENSI DAN HUBUNGANNYA DENGAN KINERJA GURU DAN PEGAWAI SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Mutawaqil Bilah Tumanggor
Suhaila Husna Samosir
Adrial Falahi
Nur'ain Harahap

Abstrak

Salah satu ilmu yang mengatur partisipasi tenaga kerja untuk secara efektif dan efisien mendukung pencapaian tujuan organisasi atau perusahaan adalah manajemen sumber daya manusia, atau MSDM. Salah satu jenis fasilitas pendidikan yang mempersiapkan siswa untuk sekolah menengah, menyampaikan informasi dan keterampilan, dan mempromosikan nilai-nilai fundamental yang dibutuhkan oleh masyarakat adalah Sekolah Dasar. (SD). Menurut definisi di atas, diharapkan bahwa kepala sekolah, pejabat, dan guru akan memainkan peran penting dalam meningkatkan standar SDM sekolah. Akibatnya, manajemen menjadi alat pendidikan yang penting. Untuk menjamin bahwa setiap aspek pendidikan berfungsi sebaik mungkin, pengembangan sumber daya manusia harus ditingkatkan sesuai dengan persyaratan hukum formal, termasuk kualifikasi dan kompetensi, serta tuntutan lingkungan eksternal yang semakin kompetitif. Namun, didapatkan bahwa, menurut data yang dikumpulkan, sejumlah besar guru dan staf masih tidak memenuhi persyaratan bidang pendidikan untuk subjek yang disetujui oleh masing-masing guru di sejumlah SD di distrik Labu Beach, yang memiliki dampak substansial pada kinerja staf dan guru. Selain itu, ada beberapa guru yang kurang termotivasi dalam melaksanakan kewajibannya dalam hal memberikan laporan terkait dengan kinerja mereka kepada Dinas Pendidikan sehingga semua beban tersebut diberikan kepada pegawai sekolah untuk membuatnya, yang dimana hanya terdapat satu orang pagawai disetiap SD yang direkrut untuk bekerja dibagian administrasi sekolah. Dalam penelitian ini digunakan model penelitian Reseach & Development (R&D). Hasil penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan kinerja guru dan pegawai menjadi lebih produktif.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles