PERADIGMA HASIL PENELITIAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATIMATIKA UMN AL-WASLIYAH TAHUN 2018/2019

Main Article Content

Yetno Saputra
Abdul Mujib
Tia Rahmadani Harahap

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mendeskripsikan hasil penelitan mahasiswa FKIP UMN Al- Wasliyah Matematika 2018/2019 berdasarkan paragidma, metode, dan analisis data. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi literatur. Data penelitian ini diambil dari skripsi mahasiswa dari perpustakaan. Subjek penelitian adalah 142 skripsi mahasiswa pendidikan matematika yang terdiri dari perempuan 162 dan laki-laki terdiri dari 16. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Penelitian mahasiswa lebih dominan menggunakan metode PTK sebesar 57,04%, diikuti metode Kuantitatif sebesar 38,73%, selebihnya penelitian kualitatif (2,81%) dan pengembangan (1,40%), (2) Model pembelajaran banyak diminati oleh mahasiswa adalah Think Pair Share 9,65% & Problem Based Learning 7.58%.


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Abdul Mujib, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

 

 

Tia Rahmadani Harahap, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

 

 

References

Eviria,R. (2012). Analisis hasil penelitian mahasiswa program studi pendidikan matematika di Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun 2010/2011 (Doctoral disertatation, Universitas Muhammdiyah Surakarta)
Hanum, A., Mujib, A., & Firmansyah, F. (2020). LITERASI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN ETNOMATEMATIKA GORDANG SAMBILAN. JIPMat, 5(2), 173-184.
Herwanto, H., Mujib, A., & Karnasih, I. (2020). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 72-77.
Kusuma, N., Mujib, A., Syahputra, E., & Ariswoyo, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 39-45.

Mihendra, N., Andriyani, F., Mardiah, D. I., Priska, A. M., & Mujib, A. (2020). Paradigma Penelitian Pendidikan: Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Matematika di Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al-Washliyah Tahun 2015-2016. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT), 2(1), 46-54.
Mujib, A. (2015). Analysis of student difficulties in constructing mathematical proof on discrete mathematics course. In Proceeding of International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education (Vol. 1, pp. 49-55).
Siregar, R. N., Mujib, A., Siregar, H., & Karnasih, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 56-62.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alpabeta
Sutama. 2010. Penelitian Tindakan Teori dan Praktek dalam PTK, PTS, dan PTBK. Semarang : CV. Citra Mandiri Utama