Analisis Hasil Penelitian Mahasiswa Pendidikan Matematika di UMN AL-Washliyah Tahun 2017-2018

Main Article Content

Aidil Abdirillah
Abdul Mujib
Nurul Anggraini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan hasil penelitian mahasiswa FKIP UMN Matematika 2017/2018 berdasarkan paradigma, metode, dan teknik analisi data. Jenis penelitian kualitatif. Objek dokumen skripsi penelitian tahun 2017/2018. Teknik pengumpulan data melalui observasi disetiap sampel skripsi dan sebagai dokumentasi. Validitas data dengan observasi terus menerus. Teknik dari Analisis data kualitatif dilakukan oleh beberapa tahap yaitu Persiapan, Pengumpulan Data, Reduksi, Presentasi Data, Menggambarkan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Paradigma kualitatif, (2) Tujuan penelitian, (3) Variabel Bebas, (4) Variabel Terikat, (5) Materi yang digunakan, (6) Di jenjang sekolah mana yang paling sering digunakan penelitian, (7) IPK, (8) Jenis kelamin, (9) Data dalam bentuk diagram dan deskripsi, (10) Kesimpulan. Analisis kualitatif berlandaskan pada filsafat post positivisme dimana sipeneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball,teknik pengumpulan data dengan tri-anggulasi(gabungan),analisis data bersifat induktif atau kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif menekankan makna.


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Abdul Mujib, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

 

 

Nurul Anggraini, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

 

 

References

Asmara, A. S., & Junaedi, I. (2018). Trend Paradigma dalam Pendidikan Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 309-314.
Eviria, R. (2012). Analisis hasil penelitian mahasiswa program studi pendidikan matematika di Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun 2010/2011 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Hanum, A., Mujib, A., & Firmansyah, F. (2020). LITERASI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN ETNOMATEMATIKA GORDANG SAMBILAN. JIPMat, 5(2), 173-184.
Harefa, R. A., F., Pulungan, P. H., Mujib, A. (2020). Kajian Hasil Penelitian Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Tahun 2016/2017. Jurnal pendidikan dan Pembelajaran Terpadu. 2 (2), 113-121
Mihendra, N., Andriyani, F., Mardiah, D. I., Priska, A. M., & Mujib, A. (2020). Paradigma Penelitian Pendidikan: Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Matematika di Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al-Washliyah Tahun 2015-2016. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT), 2(1), 46-54.
Mujib, A. (2015). Analysis of student difficulties in constructing mathematical proof on discrete mathematics course. In Proceeding of International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education (Vol. 1, pp. 49-55).
Siregar, R. N., Mujib, A., Siregar, H., & Karnasih, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 56-62.
Sutama, 2010. Penelitian Tindakan Teori dan Praktek dalam PTK, PTS, dan PTBK. Semarang: CV. Citra Mandiri Utama.
Wibawa, B. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.