Kajian Hasil Penelitian Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah tahun 2016-2017

Main Article Content

Zuliadi Rizki Andika Harefa
Putri Handayani Pulungan
Abdul Mujib

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji hasil penelitian Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Muslim Nusantara  Al-washliyah. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kajian literatur pustaka. Subjek dalam penelitian ini  berjuamlah 137  Skripsi mahasiswa yang diperoleh dari Perpustakaan. Hasil penelitian diperoleh bahwa kecenderungan mahasiswa dalam penelitiannya menggunakan metode PTK 56%, Eksperimen 39%, diikuti pengembangan dan kualitatif 2% di ikuti oleh variabel bebas bahwa kecendrungan mahasiswa menggunakan model pembelajaran TPS 10%,PBL 8%,TS-TS 5% dan STAD 5% menunjukkkan bahwa peminat model pembelajaran ini sanggatlah banyak, dan pada variabel terikat kecendrungan pada hasil belajar dan Aktiitas  belajar.


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Putri Handayani Pulungan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

 

 

Abdul Mujib, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

 

 

References

Eviria, R. (2012). Analisis hasil penelitian mahasiswa program studi pendidikan matematika di Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun 2010/2011 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Hanum, A., Mujib, A., & Firmansyah, F. (2020). LITERASI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN ETNOMATEMATIKA GORDANG SAMBILAN. JIPMat, 5(2), 173-184.

Mihendra, N., Andriyani, F., Mardiah, D. I., Priska, A. M., & Mujib, A. (2020). Paradigma Penelitian Pendidikan: Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Matematika di Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al-Washliyah Tahun 2015-2016. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT), 2(1), 46-54.
Mujib, A. (2015). Analysis of student difficulties in constructing mathematical proof on discrete mathematics course. In Proceeding of International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education (Vol. 1, pp. 49-55).
Prahmana, R. C. I., Kusumah, Y. S., & Darhim, D. (2016). Keterampilan mahasiswa dalam melakukan penelitian pendidikan matematika melalui pembelajaran berbasis riset. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 1-14.
Siregar, R. N., Mujib, A., Siregar, H., & Karnasih, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 56-62.
Siregar, R. N. (2019). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA MEMILIH JURUSAN TADRIS MATEMATIKA FTIK IAIN PADANGSIDIMPUAN. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU, 1(2), 151-168.
Sutama, 2010. Penelitian Tindakan Teori dan Praktek dalam PTK, PTS, dan PTBK. Semarang: CV. Citra Mandiri Utama.