Pola Matematika pada Operasi Perpangkatan Bilangan Kelipatan Lima

Main Article Content

Fitria Meilina
Putri Lian Sari
Muchdalysa Putri Dalimunthe

Abstract

Masih ditemukan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi perpangkatan yaitu kesalahan menuliskan operasi hitung perpangkatan, kesalahan melakukan perhitungan, dan ketidaktelitian dalam membaca soal. Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa dalam membaca pola serta mempermudah siswa dalam menyelesaikan soal-soal perpangkatan dengan satuan lima. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. subjek dalam penelitian ini adalah sepuluh orang siswa yang terdiri dari tiga orang siswa kelas tujuh SMP dan tujuh orang siswa kelas enam  SD di sekitar lingkungan peneliti.Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) evaluasi. Instrument yang digunakan berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berbrntuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka sangat tertarik dan senang dengan metode ini. Mereka mampumenyelesaikan operasi perpangkatan dengan satuan lima lebih mudah dan cepat, walaupun masih ada siswa yang kurang teliti


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Putri Lian Sari, Universitas Karimun

 

 

Muchdalysa Putri Dalimunthe, Universitas Karimun

 

 

References

Agustina, S., & Patimah, S. (2019). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Pada Materi Pola Bilangan Di Kota Cimahi. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 201-208.
Al-Husna, C., & Mujib, A. (2020). MENEMUKAN POLA PERKALIAN DENGAN ANGKA 9. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT), 2(1), 55-70.
Fitra, A. (2016). Pembelajaran Menggunakan Metode Think-Pain Share Pada Pokok Bahasan Perpangkatan Bilangan Bulat Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Di Kelas Vii Smp Kemala Bhayangkari 1 Medan. Jurnal Mantik Penusa, 19(1).
Herwanto, H., Mujib, A., & Karnasih, I. (2020). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 72-77.
Humairoh, D., Azura, D. P., Harahap, L. P. D., Aisawa, R., Sari, S. A., Anggraini, T., & Mujib, A. (2020). HOW TO CALCULATE THE SQUARED NUMBER?. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT), 2(1), 18-25.
Irawati, I., Dewi, S. K., Sakinah, A., Tanjung, I. L. F., Wahyuni, D., Siregar, N. A., & Mujib, A. (2020). Metode Perkalian Silang Versus Metode Perkalian Latis. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT), 2(1), 34-41.
Mujib, A., & Suparingga, E. (2013, November). Upaya Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Operasi Perkalian dengan Metode Latis. In Makalah Dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.
Safriani, A., Pratiwi, A., Pulungan, K., Sari, N., Anjani, R., Dewi, S. P., & Mujib, A. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENEMUKAN POLA ALTERNATIF DARI PERPANGKATAN DUA DIGIT DENGAN SATUAN SATU. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT), 2(1), 26-33.