Membaca Pola Perkalian Bilangan Sebelas

Main Article Content

Fanny Rahmasari
Ade Marlia
Putri Elviana
Muntika Agus Lea

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman membaca pola perkalian sebelas. Pemahaman membaca pola perkalian sebelas terdiri dari pemahaman konsep dan cara penggunaannya. Tujuan penelitian ini adalah cara cepat menghitung perkalian sebelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis serta wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kategori kecerdasan siswa yang berbeda, menghasilkan kemampuan pemahaman konsep matematis yang berbeda pula. Apabila ditinjau dari pola struktur berpikir siswa, sebenarnya siswa sudah memiliki pemahaman yang dapat dimanfaatkan untuk membaca pola perkalian bilangan sebelas. Tetapi siswa sulit untuk mengkomunikasikan hasil dari yang mereka kerjakan. Salah satu siswa yang menyatakan, bahwa untuk mengerjakan soal perkalian bilangan sebelas ternyata lebih mudah dan cepat dengan menggunakan pola yang sudah ditemukannya melalui lembar kerja siswa yang mereka kerjakan


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Ade Marlia, STKIP Widyaswara Indonesia

 

 

 

Putri Elviana, STKIP Widyaswara Indonesia

 

 

Muntika Agus Lea, STKIP Widyaswara Indonesia

 

 

References

Al-Husna, C., & Mujib, A. (2020). MENEMUKAN POLA PERKALIAN DENGAN ANGKA 9. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT), 2(1), 55-70.

Ayu Rizki, D. A. (2016). Deskripsi Pemahama Pekalian Oleh siswa kelas II SD. Diterbitkan (p. 251). Yogyakarta: Perpustakaan Nasional : Katalog Dalam Terbitan (KDT).

Hanum, A., Mujib, A., & Firmansyah, F. (2020). LITERASI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN ETNOMATEMATIKA GORDANG SAMBILAN. JIPMat, 5(2), 173-184.

Humairoh, D., Azura, D. P., Harahap, L. P. D., Aisawa, R., Sari, S. A., Anggraini, T., & Mujib, A. (2020). HOW TO CALCULATE THE SQUARED NUMBER?. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT), 2(1), 18-25.

Irawati, I., Dewi, S. K., Sakinah, A., Tanjung, I. L. F., Wahyuni, D., Siregar, N. A., & Mujib, A. (2020). Metode Perkalian Silang Versus Metode Perkalian Latis. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT), 2(1), 34-41.

Noviartati, A. J. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Pola Bilangan Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Vol. 2, No. 2.
Nur Indha Permata Sari, S. d. (2018). Diagnosis Kesalahan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika.
Patimah, S. A. (2019). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Pola. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 7 No 2.
Siregar, R. N., Mujib, A., Siregar, H., & Karnasih, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 56-62.